gravatar

CALEG SEKARANG LEBIH EGOIS

Saya sangat sependapat sekali dengan pernyataan Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Malang, Prof. Dr. Mas`ud said yang mengatakan bahwa para calon legislatif (caleg) periode 2009-2014 lebih egois ketimbang pada periode sebelumnya.

"Keegoisan para caleg itu disebabkan oleh sistem baru, dari nomor urut menjadi suara terbanyak, sehingga mereka memilih kampanye yang bersifat lebih mengenalkan diri secara pribadi," katanya ketika ditanya soal tidak bergairahnya kampanye Pemilu 2009 di Malang.

Menurut dosen FISIP Unmuh Malang itu, perubahan sistem tersebut menjadikan para caleg lebih banyak memperhatikan kepentingan dan diri sendiri ketimbang partai politik (parpol) yang mengantarkan mereka menjadi calon wakil rakyat di parlemen.

Hampir seluruh caleg mempunyai pemikiran yang sama, tidak terkecuali saya sendiri, kalau tidak berbuat sesuatu dan mendekati masyarakat secara pribadi, pasti tidak akan mendapatkan suara, sehingga kampanye model dari pintu ke pintu, dari RT ke RT, dari pengajian ke pengajian dsb nya menjadi pilihan utama para caleg.

Selain model kampanye tersebut, yang menjadi trend para caleg saat ini adalah gencarnya memasang baliho, spanduk serta membuat kalender dan stiker yang memasang foto diri caleg bersangkutan.

Apalagi untuk menggelar kampanye terbuka dengan mendatangkan artis dan pengerahan massa membutuhkan dana yang tidak sedikit, bahkan tidak efektif untuk mendulang suara.

Sementara di tingkat parpol, katanya, yang sibuk berkampanye adalah para pengurus dan para calon untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi serta pusat dan itupun tidak banyak yang melakukan kampanye terbuka, karena parpol tidak mampu memobilisi massa akibat kader-kadernya sibuk sendiri.

Kalaupun ada pengerahan massa, baik yang berkonvoi atau rapat umum terbuka, massa yang datang adalah massa sewaan bukan massa yang benar-benar loyal dengan parpol, sehingga kampanye model ini dinilai tidak efektif dan terlalu mahal. syukur syukur kalau mereka benar benar memilih kita nantinya, kalau tidak....

masyarakat sekarang sudah pintar, mereka juga lebih banyak pasif jika dibandingkan dengan kampanye Pemilu 2004, sebab di lingkungan mereka (masyarakat) ada tiga sampai lima caleg yang berasal dari kerabat dan saudara, semua bagus, jadi mereka sebenarnya juga bingung apa yang harus mereka lakukan.

Cukup 200 Ribu untuk selamanya, ga' perlu mencari Downline. dapatkan rahasianya di tabungan ekstra
Software Iklan Baris Massal